Terkadang kamu pernah
merasa berat untuk bekerja? Hal tersebut sudah lumrah, kok. Terutama kalau kamu
sedang dibebani banyak sekali pekerjaan dan deadline yang benar-benar mepet. Tentunya,
sebagai manusia biasa rasa bosan, stres, bahkan depresi bisa saja menghampiri.
Namun, sebaiknya kamu tidak menyerah begitu saja terhadap
emosi-emosi negatif tersebut. Sebenarnya, kamu bisa mengatasi hal itu dengan
beberapa cara mudah. Penasaran? Berikut 5 tips bekerja dengan enjoy dan
tanpa beban:
Jangan lupa bawa camilan
Saat kamu di kantor, pasti banyak tugas dan pekerjaan yang telah
menunggu untuk diselesaikan. Tenggat waktu yang begitu ketat serta
permintaan bos yang terkadang menyulitkan tidak jarang membuatmu stres dan
merasa terbebani. Oleh karena itu, untuk menjaga situasi kerja tetap kondusif
dan meredakan stres yang dialami bawalah camilan ke kantor.
Menurut sebuah penelitian dari MD
Anderson Cancer Center keinginan
ngemil saat stres adalah hal yang baik. Bahkan ngemil bisa menimbulkan rasa
nyaman dan senang. Inilah yang membuat stresmu dapat sedikit mereda.
Sambil
dengerin musik
Kalau kerja di kantor dan hanya mendegarkan suara ketikan
keyboard, telepon, dan percakapan seputar pekerjaan pasti bikin kamu makin
terbebani. Untuk itu, sebaiknya buat diri kamu menjadi lebih nyaman saat
bekerja agar kamu bisa tetap enjoy dan produktif.
Caranya? Simpel kok, cukup bekerja sambil mendegarkan musik
favorit. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh University of Miami,
terbukti bahwa musik bisa meningkatkan produktivitas kerja dan menjaga
suasana hati.
Jangan kebanyakan lembur
Mungkin kamu suka mengambil lembur agar mendapatkan uang
tambahan. Namun, sebenarnya keputusan tersebut kurang tepat. Karena ternyata
lembur justru bisa membuat kamu makin stres terhadap pekerjaan dan bisa
mengancam kesehatan tubuh.
Berdasarkan penelitian yang dipublikasi Harvard University,
terlalu banyak lembur bisa menyebabkan stres dan berpotensi merusak kesehatan
tubuh. Pasti kamu gak mau kan kerja makin terbebani dan mengalami penyakit ini-itu
karena keseringan lembur?
Cobalah
untuk tampil menarik
Salah satu hal yang membuat kamu stres dalam bekerja adalah
diremehkan oleh orang lain. Pasti tidak enak rasanya diremehkan oleh rekan
kerja, atau bahkan bosmu sendiri. Untuk itu, kamu harus memberikan kesan yang
baik agar tidak diremehkan di kantor.
Bagaimana caranya? Berdasarkan penelitian uang dilakukan oleh Michigan
State University salah
satu cara untuk dipandang baik adalah dengan berpenampilan menarik. Dengan
berpenampilan menarik, mulai dari urusan baju kerja hingga make-up bisa
meningkatkan daya tarik dirimu. Kalau kamu sudah terkesan menarik, dan tidak
lagi diremehkan pasti bekerja juga jadi lebih enjoy.
Nonton video lucu di YouTube
Bagi kamu yang menghabiskan sebagian besar waktu sehari-hari di
kantor, pasti pernah merasa bosan. Apalagi kalau harus menatap
komputer selama berjam-jam. Tenang, ada solusinya kok untuk hal tersebut yaitu
nonton video lucu di YouTube di sela-sela jam kerja.
Menurut seorang ahli Psikistri dari Stanford University Medical Shcool terungkap fakta bahwa humor menjadi
lawan utama dari tiga emosi negatif yakni kemarahan, ketakukan dan depresi.
Nah, jadi tunggu apalagi? Kalau sudah tertekan dengan tugas-tugas dan pekerjaan
di kantor sekarang, luangkan waktu sejenak untuk nonton video-video lucu agar
pikiran bisa jadi lebih relax.
Comments
Post a Comment