Skip to main content

5 Kiat Jitu Jadi Mahasiswa Aktif di Kampus!

Masa kuliah bukan hanya digunakan untuk mengasah kemampuan akademis kamu saja, loh. Masa-masa kuliah ini juga bisa digunakan untuk mengasah kemampuan sosial kamu, terutama sebelum terjun ke dunia kerja. Salah satu caranya adalah menjadi mahasiswa yang aktif di kampus, bukan mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang-kuliah-pulang.
Menjadi mahasiswa yang aktif di kampus punya banyak manfaat. Misalnya belajar menghadapi tipe-tipe orang, bersosialisasi dengan berbagai kalangan, memperluas networking, dan menambah list pengalaman yang pastinya bisa memperbagus CV-mu di kemudian hari. Terus, bagaimana cara menjadi mahasiswa aktif di kampus? Berikut Quipper jabarkan caranya.
Hasil gambar untuk mahasiswa

 1. Jangan Malas Daftar UKM

Saat menjadi mahasiswa baru, usahakan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di kampus. Tidak perlu semua, kok. Kamu cukup memilih UKM yang memang sesuai dengan keinginanmu.
Ada banyak UKM yang bisa diikuti, misalnya kelas drama, English club, bela diri, basket, menari, paduan suara, dan banyak lagi.
Saat mendaftar UKM, jangan hanya mengikuti UKM apa yang diikuti oleh teman-teman lain. Karena biasanya malah berujung jadi malas ikut UKM kalau enggak ada temannya. Ikutlah kegiatan UKM karena memang minat dan hobimu di situ.
Dengan mendaftar UKM, kamu tidak hanya bisa mendapatkan ilmu baru, tetapi juga kenalan dengan teman-teman baru dari jurusan lain.

 2. Daftar Jadi Anggota Organisasi Kampus

Eits, jangan minder duluan. Menjadi anggota organisasi kampus tidak seseram yang kamu bayangkan, kok. Aktif di kampus bukan berarti kamu tiba-tiba jadi mahasiswa idealis yang suka berdemo. Tidak semua organisasi di kampus seperti itu.
Coba daftar jadi anggota seperti BEM atau organisasi fakultasmu. Siap-siap karena kamu akan disibukkan dengan berbagai program kerja dan rapat. Nggak hanya berdampak untuk kemajuan kampus, kegiatan ini juga akan memberikan kamu ilmu-ilmu baru.
Misalnya, melatih sifat kepemimpinan kamu, di mana kamu harus terbiasa untuk mengeluarkan pendapat saat rapat dengan anggota lainnya. Kamu juga akan bertemu dengan teman-teman dan senior baru yang pastinya bisa sharing ilmu dan pengalaman mereka. Selain itu, kamu juga jadi punya berbagai sudut pandang pemecahan masalah karena saling belajar satu sama lain. Hal ini tentunya berguna banget ketika di dunia kerja nanti.
Tapi ikut organisasi kampus ini tentunya dengan tetap mempertimbangkan pembagian waktu belajarmu, ya.

 3. Rajin Ikut Seminar di Kampus

Memang tidak semua seminar yang ada di kampus bisa diikuti secara gratis. Tapi, ikut seminar ini bisa menjadi modal kamu di masa depan, loh. Kamu bisa mendapat ilmu dan informasi baru yang pastinya berguna.
Pilih seminar-seminar yang memang menyediakan materi berkaitan dengan mata kuliahmu. Atau mungkin yang berkaitan dengan profesi yang kamu pilih di masa depan nanti.
Kamu juga akan bertemu dengan mentor-mentor hebat yang jadi pembicara seminar. Hal ini tentunya akan memperluas wawasan, cara berpikir, dan tidak lupa networking. Kamu juga bisa menambah kumpulan daftar sertifikat seminarmu.

 4. Rajin Bertanya Saat di Kelas

Tidak hanya di luar ruangan kelas saja kamu harus aktif. Di dalam kelas pun, kamu harus menunjukkan ‘cakarmu’. Caranya dengan rajin bertanya di kelas. Tapi bukan sembarangan pertanyaan seperti, “Bapak sudah makan siang belum?” atau “Bapak sudah punya pacar belum?” ya!
Dengan sering melontarkan pertanyaan ini, kamu jadi akan diingat dosen dan dinilai punya kemampuan akademis lebih. Sebab, biasanya anak yang rajin bertanya adalah yang benar-benar peduli dan ingin memperdalam pengetahuannya. Bukan hanya yang datang, sekadar duduk, masuk kuping kiri keluar kuping kanan.
Ingat, tidak pernah ada pertanyaan yang salah. So, jangan malu untuk selalu mempertanyakan apa yang kamu anggap belum masuk akal. Selalu ingat pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Secara tidak sadar, kamu juga melatih diri sendiri untuk selalu bersikap kritis, tidak peduli siapa yang berbicara.

 5. Semangat Jadi Mahasiswa Berprestasi

Yes! Kamu bisa banget jadi mahasiswa berprestasi. Percaya sama kemampuan diri sendiri dan selalu melakukan yang terbaik.
Tidak hanya akan membanggakan orangtua, kamu juga akan mengharumkan nama kampus. Bayangkan kalau kamu jadi mahasiswa berprestasi yang menang mengikuti lomba dan bisa dikirim keluar negeri atau luar kota.
Tawaran berbagai beasiswa atau tempat kerja berkualitas pasti sudah di depan mata. Once again, kamu juga bisa memperluas jaringan pertemananmu dengan ikut berbagai lomba ini. Pokoknya seru, deh.
Kali ini BeritaSeputar akan berbagi Tips Mahasiswa Aktif Di kampus \. Salam Sukses and Have Nice Day

Penulis: Rosalia Sumber https://video.quipper.com/id/blog/5-kiat-jitu-jadi-mahasiswa-aktif-di-kampus/

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial || Membuat bunga mawar bertangkai dari kain flanel

Memiliki hiasan bunga mawar diruangan rupanya akan membuat ruangan anda menjadi sangat indah dan segar terlihat. Nah, sekarang kita akan belajar membuat bunga mawar bertangkai yang bisa anda letakan dalam vas bunga dan dijadikan hiasan meja. Berikut pembahasanya : Alat dan bahan yang diperlukan : §   Kain flanel warna merah atau sesuai selera §   Kain planel hijau untuk daun §   Floral tape untu membalut tangkai §   Kawat sebagai tangkai bunga §   Gunting §   Lem tembak §   Jarum dan benang jahit Langkah-langkah yang harus dikerjakan Setelah menyiapakan alat dan bahan lakukan langkah pertama dengan menggunting pola kuncup bunga mawar. Gunting kain flanel membntuk segi panjang dengan ukuran sesuai keinginan. Setelah itu bentuk juga pola untuk kelopaknya. Gunting kain flanel menjadi bntuk seperti bentuk huruf B, namun tidak usah di kasih bolongan pada tengahnya. Selanjutnya, kaitkan ujung pola berbentuk segi panjang pada kawat

Selebriti Dunia Pun Terjangkit Virus 'Pen Pineapple Apple Pen'

Berita Hari Ini Jakarta  Beberapa hari belakangan, PPAP ( Pen Pineapple Apple Pen ) menjadi trending topic di dunia maya. Bagi yang belum tahu, PPAP adalah video klip singkat berdurasi kurang dari satu menit yang bercerita tentang buah pen (pena), pineapple (nanas), dan apple (apel). Walau sangat singkat, namun yang dinyanyikan Piko Taro ini sontak menarik perhatian banyak orang. ideo PPAP sendiri telah diunggah sejak bulan Agustus lalu, namun mendadak booming di akhir bulan September. Jumlah view di YouTube telah mencapai jutaan dalam waktu singkat, sementara cover-cover dan parodi bermunculan tanpa henti di dunia maya. Semua orang telah terobsesi dengan PPAP. Nyatanya, demam PPAP tak hanya melanda orang biasa. Beberapa selebriti baik dalam negeri dan mancanegara juga mulai terobsesi dengan lagu ini. Sebut saja Justin Bieber yang dalam tweetnya mengakui bahwa PPAP adalah lagu favoritnya. Membaca postingan Justin, presenter Nick Grimshaw pun meminta pelantun tembang what do

5 Tempat Wisata Kuliner Palembang Terpopuler

Tempat Wisata Kuliner Palembang – Apakah Anda pernah ke Palembang? Mengunjungi Palembang merupakan hal yang mengasyikkan karena selain kita bisa menikmati wisata budayanya, kita juga bisa menikmati wisata kulinernya. Namun, apakah Palembang hanya terkenal dengan empek-empeknya saja? Sebenarnya Palembang mempunyai aneka jenis makanan khas yang bisa Anda coba. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas 5  tempat wisata kuliner Palembang  sebagai berikut. Daftar Tempat Wisata Kuliner Palembang Tempat Wisata Kuliner Palembang Pempek Saga Sudi Mampir Pempek Saga Sudi Mampir Salah satu  wisata kuliner di Palembang  yang cocok bagi pecinta pempek adalah warung pempek saga sudi mampir. Warung pempek tersebut berada di jalan merdekan no.8 –Palembang. Pempek di warung tersebut memiliki tekstur yang empuk dan renyah ketika sudah digoreng. Pempek yang disajikan pun bervariasi seperti pempek telor, pempek lenjer, dan pempek adaan. Untuk harga pempek telor besar dibanderol dengan harg